Rabu, 23 Mei 2018

Bagaimana Jika Kutil Muncul Di Area Kemaluan ?

Kutil pada kelamin dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, salah satunya yang paling umum adalah kondiloma akuminata. Kondiloma Akuminata merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Kadang kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam.

Sebagian besar kutil kelamin berukuran sangat kecil dan berbentuk datar sehingga sulit terlihat secara kasat mata. Biasanya mereka yang mengalami kondisi ini akan merasakan gatal-gatal pada daerah sekitar daerah genitalnya. Selain tumbuh satu per satu, beberapa kutil kelamin juga dapat tumbuh secara berdekatan atau membentuk kelompok yang lebih besar.


Pada pria, kutil dapat tumbuh di bagian batang dan ujung penis, anus, serta kantong zakar. Sedangkan pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian dinding vagina, leher rahim, vulva, dan kulit di antara lubang vagina dan lubang anus. Kutil kelamin juga bisa tumbuh di dalam mulut dan bahkan tenggorokan seseorang yang melakukan seks oral dengan seorang penderita.

Pengobatan
Pengobatan Kutil kelamin dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan mengoleskan bahan bernama podifilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, asam trikloroasetat, atau dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar.

Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh. Mungkin ini yang sedang erjadi pada Anda, kekambuhan kutil kelamin terjadi berulang kali. Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan.

Penyebab
Kondiloma akuminata penyebab utamanya memang ditularkan lewat hubungan seksual. Namun Kondiloma Akuminata ini bisa disebabkan oleh diri sendiri karena kurangnya menjaga kebersihan tubuh khusunya  bagian intim, berikut beberapa penyebab penyakit kondiloma akuminata, yaitu:
  • Jarang mengganti celana dalam sehingga menyebabkan daerah intim menjadi lembab dan kotor. 
  • Tidak pernah atau jarang membersihkan daerah intim. 
  • Tidak mengeringkan bagian organ vital setelah buang air kecil. 
  • Tertular dari pasangan yang mengidap penyakit kondiloma akuminata.
Sebaiknya Anda konsultasi secara langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pengobatan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar