Rabu, 25 April 2018

Rambut Segar Tanpa Shampo ? Kok Bisa ?


Faktanya kandungan bahan kimia dan alkohol yang terdapat di dalam shampo bisa membuat kulit kepala Anda gatal dan kering, hal ini akan menyebabkan kulit kepala menghasilkan lebih banyak minyak. Inilah sebabnya Anda mencuci rambut semakin sering.

Bayangkan rambut tebal dan sehat idaman Anda, tanpa harus berurusan dengan reaksi kimia pada tubuh Anda. Ditambah lagi, rambut Anda bisa tetap bersih lebih lama. Hemat waktu, bukan ?

Jujur saja, saya memiliki tips jitu "Bikin rambut tetap segar walaupun tidak shampoan". Tertarik untuk mencoba ? Namun tips saya ini memerlukan waktu yang cukup lama. Karena Anda harus membiasakan diri selama beberapa hari untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna, Tekhnik inipun juga akan bertahan lama lho..


Bagaimana sih caranya menjaga rambut tetap segar walau tidak shampoan ?
  • Penggunaan Baking Soda
Basahkan tangan dan ambil bubuk baking soda secukupnya. Gosokkan baking soda ke kulit kepala Anda selama kurang lebih satu menit. Lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil yang optimal, sebaiknya beri jarak antar sesi keramas setiap empat hari sekali. Baking soda cocok untuk Anda yang memiliki rambut halus, berminyak, lurus, atau bergelombang. Baking soda mungkin akan terlalu keras jika digunakan pada rambut kering dan kasar.

  • Kenapa Baking Soda ?
Baking soda bersifat basa, sedangkan kulit kepala dan rambut bersifat asam. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk membilasnya dengan larutan asam untuk mengembalikan keseimbangan pH rambut.
  • Cuka Apel
Campurkan satu sampai dua sendok makan cuka apel ke dalam satu gelas air, atau setengah cangkir cuka dan setengah cangkir air, sesuai dengan perkiraan Anda (Jangan terlalu banyak). Aplikasikan larutan cuka di sepanjang rambut dan di seluruh kulit kepala, gosok dan diamkan beberapa menit. Bilas hingga benar-benar bersih.

  • Kenapa Cuka Apel ?
Sifatnya yang asam adalah pasangan yang cocok digunakan sebagai alternatif conditioner setelah Anda ‘keramas’ dengan baking soda. Untuk memperkuat kemampuan dari baking soda itu sendiri
  • Jus Lemon

Apabila Anda memiliki rambut lurus dan rentan terhadap ketombe, gunakan larutan jus lemon (setengah cangkir jus lemon, setengah cangkir air hangat) sebagai pengganti shampo. Gosokkan ke seluruh rambut dan kulit kepala selama 10 menit, sisir dengan jari dan kemudian bilas hingga bersih. Alasannya adalah karena Asam sitrus yang dikandung lemon bisa membantu menyingkirkan ketombe.

Jangan mengharapkan hasil instan
Selama masa transisi dari shampo botolan ke produk alternatif ramah lingkungan di atas, pastinya Anda akan mengalami masa di mana rambut akan sangat berminyak selama beberapa hari (bahkan bisa berminggu-minggu), namun hal ini tidak akan bertahan lama. Sabar saja tunggu sampai saat waktunya tiba. Reaksi alaminya adalah saat Anda tidak keramas, rambut Anda tentu akan memproduksi minyak lebih banyak dan membuat tampilannya lepek.

Rambut Anda akan mulai terbiasa dari waktu ke waktu dengan rutinitas baru Anda, sampai pada akhirnya kelenjar minyak di kulit kepala bisa mengontrol produksi minyak kembali seperti semula.

Ulasan
Rambut yang sehat adalah cermin dari kulit kepala yang sehat. Jagalah selalu dan jangan sampai terkena kutu, jika sudah terlanjut tertular kutu rambut maka ada bermacam cara untuk menghilangkan kutu secara alami yang dapat anda lakukan.

Agar rambut tidak rontok bisa anda kerahkan segala usaha Anda untuk mengusap dan membersihkan kulit kepala untuk menyebarkan minyak alami rambut demi pertumbuhan helai rambut yang sehat dan merata.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar